Lita Lestari Utami
Sumber: AWB


Tanggal 2 – 3 April 2011, merupakan tanggal dimana seluruh masyarakat di dunia bisa berperan aktif dan berpartisipasi dalam merayakan event Global Astronomi Month (GAM). Selama bulan april, banyak event-event yang bisa kita ikuti, salah satunya pada tanggal 2 – 3 dengan tema Saturn Watch. Kita bisa berpartisipasi dengan mengumpulkan teman, keluarga atau kelompok astro kalian untuk bersama-sama meneropong saturnus dan membagikan pengalaman hari itu dengan khalayak umum.


Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) dihari yang sama ikut berpartisipasi dalam merayakannya setelah pelaksanaan pertemuan rutin yang ke-7, dengan pembahasan mengenai galaksi kita yaitu Galaksi Bima Sakti dengan pembicara Annisa Noor Hidayanti (Anis). Mahasiswi jurusan fisika UI ini membagikan ilmunya mengenai galaksi kita… Termasuk info-info terbaru seputar objek itu… Antusias para peserta terlihat ketika sesi tanya jawab berlangsung. Dengan bantuan dari para pengurus dan pembina HAAJ, setiap pertanyaan mampu di jawab dengan baik.
 
Ada yang istimewa di tanggal 2 selain peringatan Global Astronomi Month. Tepat tanggal 2 april kemarin ketua dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) almarhum mas ian (Tersia Marsiano) berulang tahun di umurnya yang ke 33. Alm. Telah meninggalkan kami semua sejak bulan desember lalu. Ka nurdin merupakan salah satu sahabatnya yang dikenal dengan sebutan 4 L (Lu Lagi Lu Lagi), dihari itu berbagi cerita bagaimana sosok almarhum ketika masa hidupnya. Ka Nurdin, menceritakan perjuangannya bersama almarhum dalam memajukan ilmu astronomi dikala itu. Hingga saat ini ka nurdin menanggapinya jikalau almarhum saat ini tidak ada bukan karena meninggalkan kita tetapi berada entah dimana sambil melanjutkan perjuangannya …

Selanjutnya pak widya sawitar selaku Pembina dari HAAJ juga berkesempatan menceritakan kesannya terhadap almarhum semasa hidupnya. Pak widya menceritakan bagaimana kerja kerasnya almarhum dalam melakukan setiap ide – idenya yang luar biasa. Almarhum juga merupakan orang yang benar2 berdedikasi dalam mempopulerkan astronominya….

Selanjutnya mbak ati (istri almarhum) berkesempatan menceritakan bagaimana sesosok almarhum dalam memandang astronomi dan HAAJ…

Setelah berdoa bersama untuk almarhum yang dipimpin oleh ka rayhan, selanjutnya dessy sebagai penanggung jawab pertemuan berkesempatan mempublikasikan hasil fotonya saat peristiwa supermoon. Disesi ini dessy menceritakan bagaimana proses pengambilan data foto supermoon dengan hanya menggunakan kamera handphone.. Alat-alat apa yang diperlukan untuk mendukung hasil gambar yang baik juga dipaparkan saat sesi ini.

Sesuai dengan tema hari ini, HAAJ dan peserta pertemuan rutin saat itu bersama – sama melakukan pengamatan menggunakan teleskop sky watcher untuk melihat kenampakkan dari object saturnus sambil mengisi lembar worksheet You Are Galileo. Yup, saatnya menjadi sky gazer dimulai.. ^^

- Lita Lestari Utami - 
Lita Lestari Utami

Kredit : AWB
Tanggal 9 April kemarin Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) telah mengadakan pengamatan di area parkir monas dalam rangka Global Astronomy Month (Global Star Party). -Sukses-

Sekalian pemberitahuan, kalo anggota HAAJ itu tidak terbatas hanya daerah Jakarta saja…. ^^ Banyak anggotanya yang berada di luar kota salah satunya bandung. Ada yang sedang mengambil penelitian ada juga yang memang menimba ilmu di kota yang dikenal sebagai bandung lautan api itu ….


Bersama perwakilan dari HAAJ lainnya yang di bandung termasuk salah satu pengurus Forum Pelajar Astronomi (FPA)… sebut saja ka Yuda, ka Tania dan Tri … Ya, kami berempat bersama-sama mengikuti acara global starparty yang diadakan oleh komunitas astro di bandung yang sudah terkenal dengan  sebutan komunitas Langit Selatan (LS). Acara tersebut dilaksanakan di Dago Tea House sekitar pukul 18.30… Beberapa yang ikut saat itu ada alumni dari HIMASTRON,  beberapa anggota HIMASTRON (Himpunan Mahasiswa Astronomi), AFC (Astro Fun Club), Fisika UPI (Cakrawala) dan tentunya HAAJ pun ikut berpartisipasi….

Cukup dua teleskop saja yang dibuka … karena memang langit saat itu sedang berawan… hanya sesaat saja bulan dapat terlihat… Sambil memasang teleskop diskusi pun berjalan.. pertanyaan singkat seputar astropopuler mulai bermunculan…. Sharing ilmu .?? pasti!!

Setelah langit benar-benar tidak terbuka… kami semua berkumpul di saung untuk saling berkenalan satu sama lain… Saluut bagi mereka yang datang.. karena diskusi kali ini tidak hanya sekedar ngumpul dan melakukan pengamatan tetapi juga berbagi kesan ttg astronomi bagi masing-masing komunitas…Ternyata di bandung sendiri cukup lumayan untuk jumlah komunitas astronya… sayaang, masih sedikit yang memang benar2 berminat.

Sesi di saung kali ini diisi dengan diskusi mengenai astrobiologi… lebih tepatnya bagaimana membedakan antara ilmu astrobiologi dengan ilmu SETI… antusias terlihat dari pertanyaan yg timbul saat itu…. Dengan bantuan abang Fery pertanyaan tersebut dapat terjawab semua… diskusi kali ini benar2 sangat menarik, bermain pendapat dg pikiran masing2 berdasarkan apa yg dibaca dan di tangkap  selama ini mengenai astrobiologi...
Hal yang menarik… mereka mengenal HAAJ dengan sebutan Haaj… bukan H.A.A.J  (perlu sdikit di ralat tapi tak apa, namanya juga baru pertama kali ketemu) .... yah, ternyata HAAJ di bandung pun sudah cukup dikenal... senang, mendengar kesan mereka yang ingin melihat kegiatan HAAJ di Jakarta.... semoga di lain waktu bisa bertemu di kegiatan HAAJ selanjutnya...

‘Saling berbagi’ kata kunci diskusi kali ini….. semua pulang tidak dengan keadaan kosong, berkenalan, berbagi event dan berbagi ilmu tentunya… telah dilaksanakan dengan baik dan lancar….  Khususnya sukses buat HAAJ yang sebentar lagi berulang tahun, dan teman - teman dari LS, AFC, HIMASTRON, CAKRAWALA dan komunitas lainnya yang hadir saat itu.. ^^

Ketemu lagi di kesempatan lainnya …. Khususnya mari ramaikan HAI oktober kali ini…. ^^

Berikut dokumentasi acaranya (Foto: Ka Yuda) :





- Lita Lestari Utami -

Lita Lestari Utami
Kredit Foto : Ka Yuda
Lagi – Lagi Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ)  berkesempatan menghadiri undangan dari komunitas rumah 3F dalam bincang wikimu. Tepatnya pada hari jumat, 1 april 2011 kemarin acara ini dimulai pukul 18.30 – selesai….

Lebih enaknya acara ini disebut bincang – bincang plus diskusi karena yang hadir adalah mereka dari berbagai macam komunitas di Jakarta dan mereka hadir untuk memecahkan masalah bersama demi kemajuan DKI Jakarta.



Kredit Foto: Ka Yuda
Kali ini pembicara yang hadir salah satunya adalah David Chyn (Komunitas Suara Transjakarta). Beliau menjelaskan bagaimana seharusnya transjakarta beroperasi sesuai dengan standar serta partisipasi masyarakat DKI Jakarta dalam penggunanaanya. Dengan mengumpulkan sejumlah artikel dan video.. beliau memaparkan inovasi yang telah diajukan oleh timnya dalam kenyamanan ketika para penumpang beralih ke transjakarta. Slide demi slide dipaparkan dengan harapan sesama komunitas yang hadir saat itu bisa ikut membantu dalam setiap kegiatannya layaknya sebuah kolaborasi demi kemajuan dan kenyaman para penduduk DKI Jakarta dalam menanggapi situasi dan kondisi Jakarta saat ini..

Kredit Foto : Ka Yuda
Berikutnya hadir juga bapak Achmad Harijadi (Deputi Gubernur DKI Jakarta), beliau disini hadir sebagai penyimpul dari semua masalah yang ada dalam kemajuan DKI Jakarta melalui suara – suara komunitas yang hadir saat itu. Beliau menanggapi bagaimana pemda DKI Jakarta bisa menjadi salah satu media yang bisa diajak kerjasama dalam setiap kegiatan dari komunitas yang ada dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Beliau juga menjelaskan bagaimana tanggapan pemerintah saat ini dengan adanya komunitas justru sangat membantu dalam peningkatan kemajuan DKI Jakarta dengan cara pendekatan persuasif seperti yang dilakukan oleh para komunitas saat ini.

Sepanjang diskusi tersebut banyak timbul pertanyaan dan solusi yang didapatkan. Tinggal bagaimana kesadaran masyarakat kita dalam menanggapinya. Semoga dengan adanya penjelasan mengenai keterlibatan sebuah komunitas dalam kemajuan DKI Jakarta… bisa lebih meningkatan semangat dari para pesertanya termasuk masyarakat yang terlibat. Termasuk Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) yang juga turut berperan aktif dalam peningkatan keilmuan bidang astronomi di Jakarta dan harapannya bisa menjadi penyemangat bagi komunitas astro lainnya dalam pengembangan kemajuan ilmu astronomi di Indonesia.

Berikut dokumentasi dari bincang – bincang bersama wikimu :






- Lita Lestari Utami -