Unknown
Ilustrasi
Astrobiokimia secara bahasa merupakan studi hubungan antara kehidupan dan kosmos. Secara harfiah astrobiokimia itu merupakan penggabungan ilmu yang mempelajari bagaimana asal mula, evolusi, penyebaran, dan bagaimana kehidupan dimasa mendatang yang akan terjadi di alam semesta kita ini. Bahkan dalam bidang ilmu ini kita diharuskan mengerti tujuan pencarian kehidupan mikro di alam semesta ini. Berikut beberapa ahli memandang astrobiokimia dari sudut ilmu yang mereka dalami:

a.  Astronom dan Ahli Fisika: Ilmu yang mempelajari pembentukkan kehidupan sebagai perintis, pencarian kehidupan selain di bumi dan mengkaji kelayakhunian tempat tersebut.
b.  Ahli Kimia: Ilmu yang mempelajari bagamaina kehidupan muncul dari sebuah transisi interaksi molekul kimia.
c.   Ahli Geologi: Ilmu yang mengkaji pencarian fakta-fakta adanya air atau mineral penting di planet lain.
d.  Ahli Panteologi: Pencarian serta pembuktian bentuk awal kehidupan serta mencari formasi lingkungan di awal mula bumi terbentuk.
e.   Ahli Biologi: Ilmu yang mengkaji jejak evolusi kehidupan di bumi dan penjelasan tentang adanya seleksi alam.

Pembahasan dalam menyingkap ilmu astrobiokimia bermula dengan penjelasan penciptaan awal alam semesta hingga pencarian kehidupan diluar bumi (exobiologi). Penjelasan mengenai pencarian kehidupan secara keseluruhan dapat dibagi menjadi:

a.      Permulaan Alam semesta Terbentuk,
b.      Syarat-Syarat Terbentuknya Suatu Kehidupan,
c.      Habitat Extraterrestrial Potensial,
d.      Kehidupan di Luar Bumi (Exobiologi).

Berdasarkan ke empat point tersebut, dapat memungkinkan kita untuk mempelajari kehidupan di luar sana dalam semua konteks. Hal ini bertujuan untuk melihat sifat alam semesta dan bagaimana kehidupan berkembang dan hidup di bumi. Pengenalan ini dapat di akses secara luas dengan menangkap kegembiraan, kontroversi, dan evolusi muda yang dinamis dari astrobiokimia. Program astrobiokimia erat di koordinasikan dengan NASA Mars Exploration dan Program Perlindungan Planet.

Astrobiokimia sebagai Ilmu Multi Disiplin
Institut yang mempelajari dan mengkaji lebih dari segi penelitian yang dibuat, NASA memiliki peranan yang amat besar untuk menampung semua hal yang berkaitan dengan ilmu multi disiplin seperti astrobiokimia. Dari ilmu ini, kita mampu menelusuri asal materi yang membentuk alam semesta ini dari galaksi, bintang, planet hingga kita sendiri sebagai manusia. Salah satunya ada tiga organisasi besar yang fokus terhadap pencarian kehidupan seperti ini, yaitu:

a.      Centro de Astrobiologia (Spanyol),
b.      United Kingdom Astrobiology Forum (UK),
c.      Groupement Centre for Astrobiology (Australia).

Dalam mempelajari dan mengkaji lebih tentang kehidupan bersel satu di luar bumi di butuhkan penggabungan beberapa ilmu lainnya. Ilmu ini telah berkembang pesat dalam prosesnya dengan menyentuh aspek kosmologi, biologi, kimia, komputasi, geologi, matematika, fisika dan teknik mesin. Dengan banyaknya kerjasama dengan menggabungkan ilmu – ilmu lainnya membuat kajian Astrobiokimia menjadi bidang ilmu multi disiplin.

- Lita Lestari Utami -
Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar